AGMAR WULAN NURIN ZAKIRAH; " />
Record Detail Back

XML

KEBERFUNGSIAN SOSIAL PEREMPUAN BURUH PABRIK DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Terhadap Ibu Rumah Tangga yang Bekerja Sebagai Buruh Pabrik di PT. Ksatek Desa Tanjung Wangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung)


Judul penelitian ini adalah Keberfungsian Sosial Perempuan Buruh Pabrik Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Terhadap Ibu Rumah Tangga yang Bekerja Sebagai Buruh Pabrik di PT. Ksatek Desa Tanjung Wangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung) Penelitian ini dilatar belakangi perempuan buruh pabrik yang memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga juga sebagai pekerja karena hal tersebut sering kali menimbulkan pertentangan dalam melaksanakan fungsi, tugas dan peran-perannya oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui kemampuan keberfungsian sosial perempuan buruh pabrik dalam mewujudkan kesejahteraan bersama keluarganya. Dalam penelitian -ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan unit analisis yaitu staff, operator dan keluarga informan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling atau teknik pengambilan informan dengan beberapa kriteria tertentu. Penelitian ini berfokus pada bagaimana keberfungsian sosial perempuan buruh pabrik yang meliputi beberapa aspek di antaranya memenuhi kebutuhan dasar, memecahkan masalah, dan menjalankan peran-peran sosial. Aspek selanjutnya yaitu aktivitas perempuan buruh pabrik di antaranya tanggung jawab pekerjaan, jam kerja, serta kesehatan dan keselamatan kerja dan bagaimana kesejahteraan keluarga perempuan buruh pabrik yang mencangkup kesejahteraan ekonomi dan hubungan interpersonal. Dari hasil penelitian yang sudah di lakukan bahwa perempuan buruh pabrik dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup serta menjalankan perannya dengan baik sebagi istri, sebagai ibu dan sebagai pekerja. Selain itu, kesejahteraan keluarga perempuan buruh pabrik juga dapat memenuhi kesejahteraan ekonomi dan hubungan interpersonal yang cukup baik. Adapun beberapa faktor pendorong perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga yaitu untuk menambah pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup. Peran ganda yang dimiliki oleh perempuan buruh pabrik sangat berkontribusi pada kesejahteraan keluarga dan dapat memenuhi aspek-aspek dalam keluarga.
NONE
Text
INDONESIA
ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
AGMAR WULAN NURIN ZAKIRAH. (2024).KEBERFUNGSIAN SOSIAL PEREMPUAN BURUH PABRIK DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Terhadap Ibu Rumah Tangga yang Bekerja Sebagai Buruh Pabrik di PT. Ksatek Desa Tanjung Wangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd