SERLI PADILLAH; " />
Record Detail Back

XML

DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA RELASI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG


Penelitian ini tentang Dampak Penggunaan Game Online Pada Relasi Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung ini dilatar belakangi oleh kegiatan aktivitas siswa yang menggunakan Game Online dilingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Penggunaan Game Online dapat memiliki dampak positif dan dampak negatif pada Relasi Sosial siswa yang dapat mempengaruhi hubungan sosial dengan individu ataupun kelompok. Penelitian ditujukan untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis 1).Gambaran penggunaan Game Online di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung, 2). Relasi Sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung, 3). Kontribusi Penggunaan Game Online terhadap Relasi Sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung, 4).Dampak Penggunaan Game Online terhadap Relasi Sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Metode dalam Penelitian yang digunakan adalah Quasi Kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara fakta dan akurat dengan hubungan yang berkaitan pada fenomena yang diteliti. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Game Online yang dilakukan oleh siswa menggunakan jenis Mobille Legend dan Free Fire dengan durasi lebih dari 3 (tiga) jam dalam sehari. Penggunaan Game Online memiliki dampak positif dan dampak negatif pada relasi sosial siswa dan dapat dikatakan baik secara individu maupun kelompok, dampak negatif dari penggunaan game online salah satunya seringkali membuat penggunanya terlambat dalam jam masuk sekolah karena kurangnya jam tidur. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan penggunaan Game Online berdampak pada relasi sosial, berkontribusi terhadap relasi sosial siswa yang terjadi di dalam sekolah seperti halnya informan ikut serta dalam kegiatan lomba pada ekstrakulikuler yang diikutinya, dan membantu teman yang tidak paham akan komputer
SERLI PADILLAH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SERLI PADILLAH. (2024).DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA RELASI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd