ANNISA NUR RAHMADILA; " />
Record Detail Back

XML

PEMBINAAN USAHA MIKRO PADA KELOMPOK USAHA HARAPAN BERSAMA DALAM MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL ANGGOTA DI DESA CIBUBUAN KECAMATAN CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG


Penelitian tentang Pembinaan Usaha Mikro Pada Kelompok Usaha Harapan Bersama Dalam Meningkatkan Keberfungsian Sosial Anggota Di Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang ini dilatar belakangi bahwa Pembinaan dalam usaha kecil telah lama mendapat perhatian pemerintah maupun pihak swasta. Bentuk perhatian diwujudkan dalam upaya pembinaan dan pengembangan seperti penyuluhan, pendidikan/pelatihan, memotivasi, konsultasi, studi banding serta dalam bentuk lainnya yang mengarah pada perbaikan mutu usaha. Melalui pembinaan usaha diharapkan dapat memberikan kemampuan dan peranan yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan kelompok, dimana usaha berskala kecil ini mampu memperluas kesempatan kerja, distribusi pendapatan yang lebih merata dan dapat pula meningkatkan pendapatan masyarakat yang sekaligus mampu mengatasi permasalahan sosial ekonomi bagi anggota kelompok usaha Harapan Bersama.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis : 1) Pembinaan Usaha Mikro Kelompok Usaha Harapan Bersama Di Desa Cibubun Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang 2) Keberfungsian Sosial Anggota Kelompok Usaha Harapan Bersama Di Desa Cibubun Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang 3) Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembinaan Usaha Mikro Kelompok Usaha Harapan Bersama Di Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Metode dalam penelitian menggunakan Deskriptif Kualitatif, unit analisis dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik Non-Probability sampling dengan tipe Purposive Sampling. Kriteria dalam penelitian ini yaitu : 1) Ketua kelompok Usaha Mikro Harapan Bersama. 2)Anggota pengerajin opak kelompok usaha Harapan Bersama yang telah aktif 3 (tiga) tahun, karena sudah dapat di lihat dari kontribusi pembinaan 3)Anggota pengerajin opak kelompok Harapan Bersama yang memiliki suami dan anak agar dapat dilihat keberfungsian sosialnya. Peneliti menentukan 6 (enam) orang informan yang sesuai dengan kriteria.
Hasil penelitian bahwa pembinaan yang dilakukan kepada anggota kelompok usaha mikro Harapan Bersama dengan pembinaan oleh Kemensos dan Disnaker mampu memberikan dampak yang positif, serta memperbaiki keberfungsian sosial baik secara kebutuhan dasar sebagai anggota kelompok ataupun keluarga. Pembinaan juga memberikan alat penggarangan yang di gunakan ketika musim penghujan sehingga produktivitas pengerajin tidak terganggu. Kelompok harapan bersama memberikan kemudahan seperti pembuatan Halal, PIRT, NIB, dan Haki agar produktivitas pemasaran meningkat.
ANNISA NUR RAHMADILA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ANNISA NUR RAHMADILA. (2024).PEMBINAAN USAHA MIKRO PADA KELOMPOK USAHA HARAPAN BERSAMA DALAM MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL ANGGOTA DI DESA CIBUBUAN KECAMATAN CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd