MOHAMAD TRI PAMBUDI; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS KESTABILAN PEKERJAAN TANAH TIMBUNAN JALUR KERETA API PADA KILOMETER 437 +200 PETAK JALAN GOMBONG-KARANGANYAR


Analisis kestabilan timbunan dilakukan dalam perencanaan pekerjaan
tanah timbunan untuk meminimalisir bahaya kelongsoran pada struktur
jalan rel. Safety factor (SF) berdasarkan dengan Peraturan Menteri (PM)
Nomor 60 tahun 2012, untuk nilai safety factor (SF) tanah timbunan jalan
kereta api adalah tidak boleh lebih kecil nilainya dari 1,5. Pada pekerjaan
jalur ganda kereta api pada petak jalan Gombong-Karanganyar KM 437
+200 perlu dianalisis karena memiliki tanah dasar yang lunak untuk
mengetahui safety factor (SF) dan jari-jari kelongsoran.Untuk mencari jarijari

kelongsoran dan titik pusatnya menggunakan metode bishop, dimana
dalam metode ini yang dianalisa adalah permukaan gelincir yang memiliki
bentuk lingkaran dengan menggunakan gaya-gaya yang bekerja pada tiap
potongan bidang longsor. Untuk mempermudah mencari titik pusat dan jarijari

kelongsoran maka digunakan software Geo 5. Hasil software geo 5
berupa nilai besar jari-jari kelongsoran dengan menggunakan metode
bishop sebesar 8,10 m dan untuk nilai safety factor (SF) sebesar 0,94,
dimana nilai tersebut belum memenuhi persayaratan yang ditentukan,
sehingga perlu dilakukan perkuatan untuk stabilitas tanah timbunan.
Dengan nilai safety factor 0,94 maka digunakan geotextile dan geogrid
sebagai perkuatan.
MOHAMAD TRI PAMBUDI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
TEKNIK SIPIL UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MOHAMAD TRI PAMBUDI. (2023).ANALISIS KESTABILAN PEKERJAAN TANAH TIMBUNAN JALUR KERETA API PADA KILOMETER 437 +200 PETAK JALAN GOMBONG-KARANGANYAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd