Anita Fransiska; " />
Record Detail Back

XML

MAKNA KONFLIK KOMUNIKASI DALAM FILM NGERI–NGERI SEDAP (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES


Film Ngeri-Ngeri Sedap memiki makna budaya suku batak yang sangat mendalam
terutama dalam hal berkeluarga. Fokus penelitian yaitu bagaimana mengetahui makna
denotasi, konotasi dan mitos konflik komunikasi dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Film
keluarga ini bukan hanya memberikan pesan moral terhadap orang tua tetapi
memberikan pesan moral terhadap anak-anak. Peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian terhadap film Ngeri-ngeri Sedap karena Masalah Komunikasi yang terjadi
dalam film ini sangat menarik untuk diteliti. Semiotika Roland Barthes menggunakan
denotasi, konotasi dan mitos sebagai kunci analisis. Dengan teori ini, film dapat dilihat
tidak hanya dari segi apa yang tertulis, tetapi juga dari segi mitos di baliknya. Setiap
anak mempunyai mimpi dan kebahagiannya masing-masing sesuai dengan apa yang
mereka inginkan dengan mereka pilih. Perbedaan padangan dan cara berfikir membuat
orang tua dan anak-anaknya dapat berkonflik. Anak mempunyai keinginan dan
kebagian yang terbaik dengan hidup mereka, sedangkan orang tua selalu ingin anakanaknya
mempunyai pilihan yang terbaik. Secara konotasi dalam tahap ini peneliti
menemuka makna-makna konotasi yang terdapat pada sepuluh scene yang diteliti oleh
peneliti. Makna konotasi yang terdapat pada scene – scene tersebut adalah nilai
komunikasi, nilai keharmonisan, nilai penyelesaian konflik. Secara mitos mengungkap
bahwa makna yang terkandung dalam film ngeri-ngeri sedap adalah tentang cara
bagaimana komunikasi terbuka menjadi kebutuhan penting dalam menjalin hubungan.
Anita Fransiska - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Anita Fransiska. (2024).MAKNA KONFLIK KOMUNIKASI DALAM FILM NGERI–NGERI SEDAP (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd