Tami; " />
Record Detail Back

XML

REALITAS KOMUNIKASI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN SELF-HARM STUDI FENOMENOLOGI PADA REMAJA DI KOTA SUKABUMI


Tindakan self-harm atau tindakan menyakiti diri sendiri dapat terjadi dikarenakan adanya gangguan komunikasi interpersonal, setiap manusia memiliki permasalahan yang beragam. Beberapa orang bisa mengatasi ke hal positif tetapi ada juga yang mengatasi ke hal yang negatif individu yang memilih meluapkan emosinya dengan cara minum-minuman memabukan, mengonsumsi narkoba atau dengan cara menyakiti diri sendiri (self-harm). Terutama pada remaja yang sulit menentukan emosi-emosi yang dialaminya.
Penelitian ini membahas perilaku self-harm pada remaja awal di kota Sukabumi dimana ini bertujuan untuk mengetahui motif penyebab remaja melakukan self-harm dan untuk mengetahui motif tujuan remaja melakukan tindakan self-harm. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi fenomenologi untuk menggambarkan konstruksi realitas yang terjadi pada kalangan remaja. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dan observasi dengan tiga partisipan berusia remaja dan satu partisipan kepala sekolah.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motif penyebab remaja melakukan tindakan self-harm yaitu konflik dengan lingkungan sekitar, kesepian, sakit hati, komunikasi dengan keluarga kurang baik, kecemasan dan stres. Motif tujuan remaja yang melakukan self-harm yaitu untuk mendapat dukungan, menemukan ketenangan dan melepaskan emosi negative yang mereka rasakan.
Tami - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Tami. (2024).REALITAS KOMUNIKASI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN SELF-HARM STUDI FENOMENOLOGI PADA REMAJA DI KOTA SUKABUMI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd