Shellina Rahma Aulia; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF KARYAWAN TANULO COFFEE KOTA BANDUNG DALAM PELAYANAN PADA PELANGGAN


Maraknya coffee shop di berbagai daerah menjadikan banyaknya anak muda menghabiskan waktu mereka di coffee shop terutama di Kota Bandung. Alasan seseorang merasa nyaman di coffee shop adalah pelayanan yang diberikan oleh karyawan coffee shop. Seperti pelayanan yang diberikan di coffee shop yang berlokasi di jalan Mekar Utama 1 No.32 yaitu, Tanulo Coffee. Pelayanan yang diaplikasikan menggunakan teknik komunikasi persuasif. Selain itu, dalam suatu pelayanan tidak terlepas dari sebuah hambatan. Penelitian ini mengkaji komunikasi persuasif yang dilakukan karyawan di Tanulo Coffee dalam pelayanan pada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang diterapkan oleh karyawan Tanulo Coffee serta untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami oleh Tanulo Coffee dalam penyampaian komunikasi persuasif terhadap pelayanan pada pelanggan, selain itu untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dialami Tanulo Coffee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif dan paradigma konstruktivisme dengan subjek penelitian yang dipilih secara purposive. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian komunikasi persuasif yang dilakukan oleh karyawan Tanulo Coffee dalam pelayanan pada pelanggan yaitu terdiri dari perhatian berupa Greeting, Grooming, 3S (Sambut, senyum, sapa), memberikan rekomendasi area dan menu. Ada juga pemahaman yang diterapkan berupa pemahaman produk (komposisi bahan, tekstur dan rasa). Selain itu ada juga penerimaan yang diterima oleh karyawan Tanulo Coffee berupa respon baik dari pelanggan dan penerimaan dari pelanggan berupa penjelasan karyawan yang mudah dipahami, dan merasa terbantu. Terdapat penangguhan juga dari sisi karyawan berupa estimasi waktu saat waiting list dan permintaan produk. Terakhir terdapat tindakan yang dilakukan oleh karyawan Tanulo Coffee berupa meminta maaf, mengganti produk, penjelasan produk, melayani permintaan, memberi estimasi, membantu apa yang dibutuhkan, dan memastikan area bersih. Hambatan pada komunikasi persuasif yang dialami oleh karyawan Tanulo coffee dalam pelayanan pada pelanggan adalah hambatan psikologis dan hambatan birokrasi. Dimana hambatan psikologis berupa kebingungan dalam pelayanan saat ramai pengunjung. Dan hambatan birokrasi berupa tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan karena terhambat oleh peraturan perusahaan.
Shellina Rahma Aulia - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Shellina Rahma Aulia. (2024).ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF KARYAWAN TANULO COFFEE KOTA BANDUNG DALAM PELAYANAN PADA PELANGGAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd