Record Detail Back
STRATEGI KOMUNIKASI LAYANAN PRODUK FROZEN FOOD STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA FOOD ADVISOR PRIMA FRESHMART DI KOTA BANDUNG
Komunikasi layanan merupakan aktivitas akibat adanya interaksi antara konsumen dengan
food advisor. Food advisor berperan sebagai pemberi jasa harus dapat menyampaikan
informasi dengan baik walaupun dalam penyampaiannya terbatas. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui serta meneliti terkait strategi komunikasi layanan pada Petugas Prima
Freshmart di Kota Bandung dan Untuk mengkaji hambatan komunikasi layanan Petugas Prima
Freshmart di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah Prima freshmart di
Kota Bandung yang ditentukan berdasarkan komunikasi layanan. Proses pengumpulan data
diperoleh melalui wawancara dan pengamatan terhadap beberapa informan, sedangkan untuk
data penunjang diperoleh melalui dokumentasi hasil penelitian sebelumnya serta wawancara
dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Prima freshmart memiliki strategi
RIGHT (Response, interaction, grooming/groming, helping and thank back) untuk
memberikan layanan terbaiknya yang hingga saat ini bisa bersaing dengan pesaingnya.
Hambatan komunikasi layanan Petugas Prima Freshmart di Kota Bandung memiliki hambatan
komunikasi layanan pada point Interaksi, hal ini meliputi menawarkan bantuan, menawarkan
produk, penjelasan produk knowledge, melakukan penjualan berantai, penjualan produk
komplementer dan penjualan produk subtitusi hingga melayani pembayaran di kasir yang
berkaitan dengan kinerja food advisor. Produk yang dijual disini pun unik dan berbeda dengan
markert lainnya karena Prima Freshmart menjual produk Frozen food olahan sendiri. Dengan
berlakunya layanan komunikasi yang baik dari food advisor ini menjadi point utama yang bisa
membantu penjualan dalam perusahaan dan bisa membuat konsumen kembali berbelanja.
Komunikasi layanan yang baik dalam bentuk komunikasi seperti penyampaian pesan terlebih
dahulu, berbagi informasi pemesanan, berkomunikasi untuk menghindari miss komunikasi,
memahami hal yang tidak dapat disampaikan hanya melalui kata-kata, berbagi informasi agar
menghindari kesalahpahaman dan menyesuaikan kenyamanan konsumen.
Reva Hamidah - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Reva Hamidah. (2024).STRATEGI KOMUNIKASI LAYANAN PRODUK FROZEN FOOD STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA FOOD ADVISOR PRIMA FRESHMART DI KOTA BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd