Chantika Egiani Bilqisthi; " />
Record Detail Back

XML

Representasi Makna Kehilangan Dalam Video Klip “Semua Aku Dirayakan” Karya Nadin Amizah(Analisis Semiotika Roland Barthes)


iii
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna kehilangan yang terkandung dalam video klip Semua Aku Dirayakan karya Nadin Amizah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika Roland Barthes dengan tujuan menganalisis makna denotatif, konotatif dan mitos. Objek dalam penelitian ini yaitu video klip semua aku dirayakan karya Nadin Amizah. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan cara dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan di dalam denotasi terdapat unsur-unsur rasa kehilangan yang ditujukan pada ekspresi, gestur tubuh dan lirik lagu menunjukan aktifitas kehilangan yang dirasakan oleh Neni yaitu tatapan yang terawang, marah, menangis, adanya ingatan masa lalu dan berhalusinasi. Adapun konotasi yang ditemukan terdapat beberapa unsur kehilangan yakni penyangkalan (denial), marah (anger), depresi (depression), restitusi (fase III) dan penerimaan (acceptance). Lalu adapun Mitos yang ditemui yakni Menutupi jasad seseorang yang telah meninggal menggunakan kain batik, Lalu ketika seseorang sebelum meninggal akan muncul suatu pertanda-pertanda dan perubahan tingkah laku yang berbeda dari biasanya yang dirasakan oleh orang terdekatnya, selanjutnya gambaran saat suaminya masih ada, perasaan nostalgia di masa lalu dianggap lebih bahagia dan utuh seakan seperti sekarang.
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Chantika Egiani Bilqisthi. (2024).Representasi Makna Kehilangan Dalam Video Klip “Semua Aku Dirayakan” Karya Nadin Amizah(Analisis Semiotika Roland Barthes).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd