Chikita Putri Faradina; " />
Record Detail Back

XML

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MENGGUNAKAN PROSES PEMBELAJARAN THORNDIKE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIIÌ SMP


Hasil belajar aspek kognitif merupakan kemampuan berpikir dan pemahaman yang dimiliki oleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Dalam konteks penelitian, hasil belajar kognitif sering diukur melalui tes atau evaluasi yang mengukur pemahaman konsep, pengetahuan, dan kemampuan berpikir analitis. Hasil observasi dan wawancara mengatakan bahwa hasil belajar aspek kognitif masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti menguji hasil belajar aspek kognitif pada siswa SMP menggunakan Proses Pembelajaran Thorndike. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika jika diterapkan proses pembelajaran Thorndike, 2) Mengukur sejauh mana metode pembelajaran Thorndike dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, 3) Mengukur perbedaan peningkatan kemampuan hasil belajar aspek kognitif pada siswa yang menerapakn proses pembelajaran Thorndike dibandingkan dengan siswa yang menerapkan metode konvensional, Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Kemala Bhayangkari Bandung. Penggunaan sampel digunakan adalah dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Modul ajar, LKPD, lembar observasi. Uji Pretest dilakukan sebelum pembelajaran, sedangkan Posttest dilakukan sesudah pembelajaran. Hasil uji tersebut nantinya akan dianalisa menggunakan software SPSS v20 for windows untuk melihat hasil pembelajaran yang sudah diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Proses Pembelajaran Thorndike dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada siswa SMP berjalan dengan baik. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa SMP setelah diterapkan Proses Pembelajaran Thorndike 3) Peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan Proses Pembelajaran Thorndike lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan model konvensional.
Chikita Putri Faradina - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PMAT FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Chikita Putri Faradina. (2024).MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MENGGUNAKAN PROSES PEMBELAJARAN THORNDIKE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIIÌ SMP.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd