Syilvia Rachman; " />
Record Detail Back

XML

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SDN BOJONGSARI KABUPATEN BANDUNG


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis pada mata
pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match.
Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas IV SDN Bojongsari tahun
ajaran 2023/2024 sebanyak 40 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 20
peserta didik sebagai kelas kontrol dan 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Bentuk instrumen yaitu tes kemampuan pemahaman matematis yang mencangkup
menyatakan ulang konsep, mengkasifikasikan, menerapkan konsep, memberikan
contoh, menyajikan konsep, dan mengaitkan berbagi konsep matematika. Jenis
penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi
experimental). Bentuk desain penelitian eksperimen yang akan digunakan peneliti
adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian pemahaman konsep
Peserta didik yang berada pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan
kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil Uji Gain dengan hasil interpretasi kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran
Make A Match juga dapat meningkatkan setiap indikator pemahaman matematis yang
dimiliki Peserta didik.
Syilvia Rachman - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Syilvia Rachman. (2024).MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SDN BOJONGSARI KABUPATEN BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd