Henny Mutiasari; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH KEMAMPUAN ANALITIS PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN


Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan analitis peserta didik yang berbeda-beda,
kemampuan ini tidak hanya penting untuk memahami mata pelajaran di kelas tetapi juga
berdampak pada kemampuan peserta didik menghadapi masalah dan mencari solusi baik
di lingkup akademis, perusahaan, maupun kehidupan sehari-hari. Tumbuhnya kemampuan
analisis transaksi keuangan membutuhkan waktu serta upaya, ini bergantung pada
informasi yang dimiliki serta kemampuan analitis yang sudah terbentuk sebelumnya dalam
diri peserta didik. Kemampuan analitis membiasakan peserta didik pada saat mengambil
keputusan mengedepankan tahap berpikir dengan menghubungkan konsep-konsep dengan
situasi yang dihadapi, peserta didik dapat mencapai kesimpulan yang akurat berdasarkan
fakta dan informasi yang tersedia hal tersebut sangatlah pas digunakan untuk proses analisis
transaksi keuangan karena pada kegiatannya pun melalui tahap memahami konsep-konsep,
mengidentifikasi transaksi, menganalisis pengaruhnya pada akun, kemudian mencatat
kedalam jurnal. Penelitian ini bertujuan melihat adakah pengaruh kemampuan analitis
peserta didik terhadap kemampuan analisis transaksi keuangan. Sampel penelitian berasal
dari kelas XI AKL 1 SMKN 3 Bandung sebanyak 36 orang, instrumen penelitian
menggunakan angket dan tes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji
korelasi. Hasil penelitian Pearson Product Moment Correlation menunjukkan bahwa ada
hubungan yang berkolerasi positif kuat antara kemampuan analitis peserta didik terhadap
kemampuan analisis transaksi keuangan di kelas XI AKL 1 SMKN 3 Bandung
Henny Mutiasari - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PEKO FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Henny Mutiasari. (2023).PENGARUH KEMAMPUAN ANALITIS PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd