Revina Apriani Avila; " />
Record Detail Back

XML

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Studi Eksperimen pada Materi Cuaca Kelas II SDN Kawungsari Girang Tahun Ajaran 2023/2034)


Rendahnya konsentrasi belajar peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya
penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA pada
materi cuaca dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif experimental design dengan bentuk
one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III
SDN Kawungsari Girang tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 35 peserta didik. Jenis
sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Pengambilan data penelitian ini
menggunakan observasi serta tes berbentuk pilihan ganda dan uraian. Analisis data
dilakukan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, dan uji prasyarat yang meliputi
uji normalitas dan uji wilcoxon. Hasil konsentrasi belajar peserta didik setelah
menggunakan media powtoon pada pelajaran IPA materi cuaca di kelas III SD
menunjukkan terdapat peningkatan konsentrasi belajar dan terdapat perbedaan
konsentrasi belajar sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis
powtoon, dengan hasil observasi konsentrasi belajar peserta didik lebih tinggi dari
pada sebelum menggunakan media dengan kriteria sangat mampu berkonsentrasi.
Revina Apriani Avila - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Revina Apriani Avila. (2024).PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Studi Eksperimen pada Materi Cuaca Kelas II SDN Kawungsari Girang Tahun Ajaran 2023/2034).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd