Record Detail Back
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA
Gina Awaliah (2021), Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving
Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa, Latar belakang penelitian ini peserta didik belum mampu mencapai indikator kemampuan berpikir analisis. Kemampuan berpikir analitis siswa sangat penting membantu dalam mengambil keputusan serta dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran
Pemecahan Masalah merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi
kemampuan berpikir analisis. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh penerapan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir analisis.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen nonequivalent
control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh kelas XI IPS SMAN 8
Bandung tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel diperoleh berdasarkan purposive sampling
yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan
berpikir analisis siswa dan lembar observasi untuk mengetahui penerapan metode
pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSSV.25 for
Windows dengan independent sample t-test. Berdasarkan pengolahan dan analisis data
maka didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran
problem solving terhadap kemampuan analisis siswa dengan perbedaan nilai rerata kelas
eksperimen sebesar 84,28 dan kelas kontrol 78,11
GINA AWALIAH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PEKO FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
GINA AWALIAH. (2021).PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd