Annisa Ambar Susanti; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS


Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan
pengetahuan mereka berdasarkan informasi yang relevan secara sistematis untuk
menyelesaikan masalah matematis. Berdasarkan observasi menunjukan bahwa
kemampuan berpikir kritis matemati siswa masih rendah. Oleh karena itu, penulis
melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning
berbantuan aplikasi Kahoot! Pada pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan
kemampuan berpikir kritis matemati siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)
Mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis setelah diterapkan model
pembelajaran Brain Based Learning berbantuan aplikasi Kahoot!, (2) Mengukur perbedaan
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis yang pembelajarannya menggunakan
model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Kahoot! dengan model Discovery
Learning, dan (3) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran model
pembelajaran Brain Based Learning berbantuan aplikasi Kahoot! dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis matematis.Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri
8 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penentuan sampel ditentukan engan cara
purposive sampling, didapat kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan XI-6 sebagai kelas
kontrol. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah tes uraian dengan instrumen
penunjangnya adalah ATP, modul, LKPD dan lembar observasi sebanyak tiga kali
pertemuan untuk masing-masing kelas. Data yang dikumpulkan berupa pretest diberikan
sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest diberikan setelah tiga pertemuan
dilaksanakan. Data hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan software
SPSS untuk melihat efektivitas pembelajaran menggunakan model Brain Based Learning
berbantuan aplikasi Kahoot!. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan
bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan aplikasi
Kahoot! dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, (2) Peningkatan
kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Brain
Based leaning berbantuan aplikasi Kahoot! lebih baik dari pada model Discovery Learning,
dan (3)Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Brain Based
leaning berbantuan aplikasi Kahoot! berjalan dengan sangat baik
Annisa Ambar Susanti - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Annisa Ambar Susanti. (2023).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd