Record Detail Back
Analisis Pengaruh Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Ramayana II Cimahi Berdasarkan Voice Of Customer Selama Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 (Studi Kasus : Rumah Makan Ramayana II, Cimahi)
Rumah Makan Ramayana II adalah rumah makan bertemakan khas
makanan Jawa dan Sunda. Berdasarkan wawancara kepada pihak rumah makan,
terjadi penurunan pendapatan bersih sejak bulan Maret 2020 hingga Mei 2022. Oleh
karena itu, penelitian ini mencoba melihat perilaku pembelian konsumen yang
paling domininan terhadap keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan
Ramayana II Cimahi. Perilaku konsumen diamati melalui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku tersebut, yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi.
Responden dalam penelitian ini yaitu pelanggan Rumah Makan Ramayana
II Cimahi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 responden sebagai
pengolahan data pada software partial least square (PLS). Berdasarkan hasil PLS,
Faktor psikologi terhadap keputusan pembelian nilai t-statistics sebesar 5,597,
artinya signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor budaya terhadap
keputusan pembelian hasil nilai t-statistics sebesar 0,990, artinya tidak signifikan
terhadap keputusan pembelian. Faktor sosial terhadap keputusan pembelian nilai tstatistics
sebesar 0,924, artinya tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Faktor pribadi terhadap keputusan pembelian nilai t-statistics sebesar 0,534, artinya
tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil PLS faktor yang
paling dominan adalah faktor psikologi. Faktor psikologi kemudian dijadikan acuan
sebagai pertanyaan/pernyataan dalam kuesioner voice of customer dalam
perancangan house of quality. Pada house of quality dirancang sepuluh atribut
kebutuhan/keinginan konsumen serta memperhitungkan normalized contribution
dengan tujuan memberikan rank/priority untuk semua atribut yang ada. Dari hasil
bobot normalized contribution yang didapatkan tersebut, dapat diurutkan
rank/priority sebagai berikut: Variasi menu makanan, Konsistensi rasa makanan,
Kesegaran bahan baku yang digunakan, Variasi paket menu makanan,
Menggunakan kualitas bahan baku yang baik, Kebersihan lingkungan restoran dan
peralatan makan, Pelayanan yang ramah dan sigap, Kenyamanan kursi dan meja
makan, Harga terjangkau dan Meminta perlanggan memberikan ulasan.
Berdasarkan hasil rank/priority yang didapatkan digunakan dalam
menyusun strategi penjualan dengan menyediakan variasi menu dan paket menu
makanan yang beragam dengan harga yang terjangkau serta menggunakan bahan
baku yang segar dan memiliki kualitas yang baik sehingga konsistensi rasa
makanan terjamin. Selain itu rumah makan juga harus memperhatikan kebersihan
lingkungan dan fasilitas rumah makan yang nyaman serta memberikan pelayanan
yang ramah dan sigap kepada konsumen yang datang.
ABIB FRIMAE - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ABIB FRIMAE. (2023).Analisis Pengaruh Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian Di Rumah Makan Ramayana II Cimahi Berdasarkan Voice Of
Customer Selama Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19
(Studi Kasus : Rumah Makan Ramayana II, Cimahi).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd