Denda Oktaviana; " />
Record Detail Back

XML

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA E-TOLL CARD ATAS SALDO YANG BERKURANG TIDAK SESUAI DENGAN PENGGUNAANNYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMER 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN


Jalan Tol adalah jalan umum yang merupakan bagian system jaringan
jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar tol,
seiring berkembangnya teknologi PT Jasa Marga dengan perusahaan tol
lainnya mengadakan tender dengan PT.Bank Mandiri Tbk untuk mengeluarkan
produk e-toll card. e-toll card adalah kartu elektronik yang digunakan untuk
membayar biaya masuk jalan tol diseluruh Indonesia, e-toll card tunduk pada
Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang uang elektronik.
Penelitian yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui tentang perlindungan
hukum bagi pengguna jasa e-toll card serta upaya bagi pengguna jasa e-toll
untuk menangulangi pengurangan saldo, kerugian konsumen dalam kasus ini
yaitu pengurangan saldo yang tidak sesuai dengan biaya tol tersebut.
Penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dan
spesifikasi penelitian deskriptif ananlitis, penelitian perpustakaan ini
merupakan penelitian yang mengkaji studi dokumen, yakni menggunakan
berbagai data sekunder seperti peraturan perundang-undangan, teori hukum
dan dapat berupa pendapat para ahli,
Hasil penelitian yang menunjukan bahwa perlindungan hukum bagi
pengguna jasa e-toll card yaitu terdapat pada Pasal 4 Undang-Undang nomor
8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen bahwa konsumen mempunyai
hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi
barang dan jasa serta hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan
pergantian, apabila barang dan jasa yang diterima tidak sesuai dengan
perjanjian atau sebagaimana mestinya. Sedangkan upaya bagi pengguna jasa
e-toll untuk menanggulangi pengurangan saldo yaitu dengan melakukan upaya
penanggulangan preventif dan represif, upaya preventif adalah bahwa
konsumen dapat mengajukan keberatan kepada pihak pengelola sedangkan
perlindungan hukum represif yaitu konsumen diberikan kesempatan untuk
mengajukan keberatan atas kasus yang menimpanya kepada pihak pelaku
usaha untuk menyelesaikan sengketa.
Denda Oktaviana - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
HUKUM UNLA
2018
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Denda Oktaviana. (2018).PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA E-TOLL CARD ATAS SALDO YANG BERKURANG TIDAK SESUAI DENGAN PENGGUNAANNYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMER 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd