Record Detail Back
PENGGUNAAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran saat ini yang kebanyakan
menggunakan gawai dan daring yang membuat peserta didik kesulitan dalam memahami
pembelajaran yang disampaikan pendidik, terutama pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.
Pembahasan ini mengenai pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Sifat penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain penelitian Nonequivalent Control group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 240 Cijerah Indah yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampling purposive sehingga berjumlah 40 orang yang terdiri dari 20 peserta didik di kelas eksperimen dan 20 peserta didik di kelas kontrol.
Instrumen pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal essay dan angket. Data diuji dengan SPSS 25, seperti uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan keterampilan menulis pada peserta didik sekolah dasar setelah menggunakan media Canva. Peningkatan keterampilan menulis di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan di kelas kontrol
VIRA AZNI SILVI ZAHRA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
VIRA AZNI SILVI ZAHRA. (2021).PENGGUNAAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd