Ike Fatmawati; " />
Record Detail Back

XML

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi Eksperimen Materi Bangun Datar Kelas V di SDN 104 Langensari Senanggalih TA 2022-2023)


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun datar matematika kelas V. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT di kelas eksperimen 2) mengukur peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT 3) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol, yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi
untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran NHT dan tes untuk mengukur
peningkatan kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data menggunakan uji
validitas yaitu expert judgement validity, uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji NGain. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penerapan model pembelajaran NHT di kelas eksperimen keterlaksanaan mencapai kriteria sangat baik dikarenakan seluruh sintak dapat dilaksanakan oleh guru. 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT. 3) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori, terbukti bahwa model pembelajaran NHT efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa
Ike Fatmawati - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ike Fatmawati. (2023).EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi Eksperimen Materi Bangun Datar Kelas V di SDN 104 Langensari Senanggalih TA 2022-2023).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd