Almartha Fiana Aprilia; " />
Record Detail Back

XML

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DENGAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, AND TEST (PQRST) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan metode PQRST dan mengukur peningkatan kemampuan membaca
pemahaman siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode PQRST
pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan IPS kelas V di SDN 1 Cibogo
Lembang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25
orang. Jenis peneletian ini menggunakan metode kuantitatif dan berbentuk
eksperimen, sifat penelitian ini adalah one group pretest posttest design yang
hanya ada 1 kelompok peserta didik dijadikan sampel utama tanpa adanya kelas
kontrol. Kemudian, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, tes untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran. Teknik analisis
data dilakukan dengan uji-t (Independent Sample Test). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup tinggi pada pembelajaran
menggunakan metode Preview, Question, Read, Summarize, and Test (PQRST)
terhadap kemampuan memahami bacaan peserta didik sebesar 16,96%.
Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu metode pembelajaran Preview, Question,
Read, Summarize, and Test (PQRST) dapat meningkatkan kemampuan
memahami bacaan peserta didik kelas V Sekolah Dasar
Almartha Fiana Aprilia - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Almartha Fiana Aprilia. (2023).MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DENGAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, AND TEST (PQRST) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd