Wella Apriya Purnama; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN DIGITAL TEKNOLOGI PREZI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR


Penelitian ini merupakan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi pada mata pelajaran IPAS kelas IV. Penelitian ini bertujuan:
1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi di kelas eksperimen. 2) mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi. 3).untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu kelas (untuk)
kelas eksperimen dan satu kelas (untuk) kelas kontrol, yaitu siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi dan tes untuk mengukur peningkatan hasil belajara peserta didik.
Teknik analisis data yaitu, menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi di kelas eksperimen keterlaksanaan mencapai kriteria sangat baik dikarenakan seluruh sintak dapat dilaksanakan oleh guru. 2)terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi. 3) peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori, terbukti bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Wella Apriya Purnama - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Wella Apriya Purnama. (2023).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN DIGITAL TEKNOLOGI PREZI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd