Selin Pitriyanti; " />
Record Detail Back

XML

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK MATERI PERPINDAHAN PANAS MELALUI METODE DEMONSTRASI (Studi Eksperimen pada Kelas V SDN Ciheulang 03)


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPA peserta didikPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan pemahaman
konsep IPA peserta didik kelas eskperimen setelah menerapkan metode demonstrasi dSekolah Dasar Negeri Ciheulang 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitianini bersifat kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian sebanyakdua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing jumlahpeserta didik sebanyak 20 orang. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi untukmelihat keterlaksanaan metode demonstrasi dan tes untuk mengukur pemahaman konsepIPA peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non-parametrikmenggunakan bantuan aplikasi sofware SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA terlaksandengan baik 2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA peserta didik yangpembelajarannya menggunakan metode demonstrasi 3) Terdapat perbedaan pemahaman
konsep IPA peserta yang pembelajaran menggunakan metode demonstrasi denganpembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual.

Selin Pitriyanti - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Selin Pitriyanti. (2023).PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK MATERI PERPINDAHAN PANAS MELALUI METODE DEMONSTRASI (Studi Eksperimen pada Kelas V SDN Ciheulang 03).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd