Ellen Nur Ergania; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dengan
menggunakan media pembelajaran Big Book. Big Book adalah suatu bentuk perantara yang memuat
materi pembelajaran serta memiliki karakteristik dengan ukuran tulisan, serta gambar yang
besaryang dapat dijadikan sebagai salah satu media literasi. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Listianto (2016) untuk keterampilan membaca, dan Usaid (2014) untuk media Big Book.
Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas II SDN Bojongsari tahun ajaran 2023/2024
sebanyak 40 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik sebagai kelas kontrol dan
20 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian ini berupa peningkatan keterampilan
membaca yang meliputi Membaca dengan keteapatan kata, EYD, Intonasi, Kelancaran dan
Kejelasan suara. Instrumen pengumpulan data terdiri atas observasi, tes dalam bentuk pilihan ganda,
dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experimental)
dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan media pembelajaran Big Book mampu meningkatkan keterampilan membaca peserta
didik SDN Bojongsari dengan rekapitulasi hasil N-Gain Score pada peningkatan keterampilan
membaca peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 60,19 sedangkan nilai N-Gain
rata-rata kelas kontrol sebesar 30,38.
Ellen Nur Ergania - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ellen Nur Ergania. (2023).PENERAPAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd