Record Detail Back
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS SISWA SMP
Penerapan model SQ4R terhadap peningkatan penalaran analogi matematis siswa
SMP (studi penelitian di kelas VIII pada mata Pelajaran Relasi dan Fungsi). Latar
belakang penelitian ini adalah masih terdapat lemahnya penalaran analogi
matematis peserta didik pada kelas VIII dalam mata Pelajaran matematika SMP
Kemala Bhayangkari Bandung. Model pembelajaran SQ4R adalah salahsatu
model pembelajaran yang dapat meningkatkan kiemampuan penalaran analogi
matematis peserta didik. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui
bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran SQ4R dalam pembelajaran
matematika serta untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan
penalaran analogi matematis peserta didik pada kelas eksperimen setelah
menerapkan model pembelajaran SQ4R dan apakah peningkatan kemampuan
penalaran analogi matematis peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran SQ4R lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran
konvensonal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
Eksperimen dengan sifat penelitian kuntitatif dan desain penelitian Quasi
eksperimen. subyek penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan
kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrument test uraian dan Teknik analisis data
dengan menggunakan statistic parametric menggunakan aplikasi Software SPSS
23. Hasil penelitian yang diperolehyaitu terdapat peningkatan kemampuan
penalaran analogi matematis peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran SQ4R.
Ade Irfan - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ade Irfan. (2023).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R TERHADAP
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS
SISWA SMP.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd