Syifa Nur Fadillah; " />
Record Detail Back

XML

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPA pada
peserta didik kelas V khususnya pada materi sifat dan perubahan wujud benda. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui informasi mengenai peningkatan kemampuan
pemahaman konsep IPA peserta didik dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen nonequivalent control
group dengan teknik sampel total. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas V yang berjumlah 48 orang. Sampel dibagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Pembagian kelas ini dilakukan untuk melihat apakah
pemahaman konsep IPA kelas yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe
STAD lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Untuk melihat
apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA yang pembelajaran
menggunakan model STAD maka dilakukan pretest dan posttest. Analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan diolah menggunakan SPSS versi
25. Dari hasil analisis data yang dilakukan terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA
peserta didik dan model pembelajaran yang menggunakan model STAD.
Syifa Nur Fadillah - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Syifa Nur Fadillah. (2023).PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd