RISKA RESTI WULANDARI; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ALBERTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMA


Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri alberta
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada mata
pelajaran matematika. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu untuk
kelas eksperimen dan satu untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes
untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis yang mencakup kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi dan non tes dalam bentuk observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran model inkuiri alberta. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri alberta.
Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan model
pembelajaran inkuiri alberta tidak lebih baik daripada siswa yang diterapkan model
pembelajaran konvensional dengan signifikansi 0.05. namun pada signifikansi 0.08
Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan model
pembelajaran inkuiri alberta lebih baik daripada siswa yang diterapkan model
pembelajaran konvensional. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
model inkuiri alberta cukup berjalan dengan lancar, aktifitas belajar siswa
meningkat, pemilihan model pembelajaran inkuiri alberta dapat menjadi salah satu
pilihan untuk membuat pelaksanaan pembelajaran lebih bervariasi dan tidak
monoton

RISKA RESTI WULANDARI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PMAT FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RISKA RESTI WULANDARI. (2023).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ALBERTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd