RISTA NURLISA; " />
Record Detail Back

XML

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR


Rista Nurlisa 2023, Efektivitas Model Kooperatif tipe Jigsaw dalam Meningkatkan
kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar, Hj. Euis Eka Pramiarsih, Popon Mariam. Penelitian ini dilatar belakangi beberapa permasalahan dalam mata pelajaran matematika yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas eksperimen setelah menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw di SDN 116 Cicaheum Bandung. Model kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang membantu
meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada mata pelajaran
matematika. Penilian ini bersifat kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Pada
penelitian ini menggunakan dua sampel kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan jumlah siswa 33 setiap kelas. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengukur penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir krtitis matematis. Teknik analisis data dengan
statistic paramterik menggunakan bantuan aplikasi Software SPSS 25. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) Penerepan model Kooperatif tipe Jigsaw dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dapat dilakukan dengan
baik. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara
menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan model konvesional. 3) Model
kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis
siswa
RISTA NURLISA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RISTA NURLISA. (2023).EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd