ERSA MUSTIKA; " />
Record Detail Back

XML

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual berbasis Powtoon.Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDN Bojongsari tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Bentuk instrumen yaitu tes kemampuan pemahaman matematis yang mencangkup menyatakan ulang konsep, mengkasifikasikan, menerapkan konsep, memberikan contoh, menyajikan konsep, dan mengaitkan berbagi konsep matematika. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Bentuk desain penelitian eksperimen yang akan digunakan peneliti adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian pemahaman konsep Siswa yang berada pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil Uji Gain dengan hasil interpretasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan media audio visual berbasis Powtoon juga dapat meningkatkan setiap indikator pemahaman matematis yang dimiliki Siswa
ERSA MUSTIKA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ERSA MUSTIKA. (2023).MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd