LINTANG PALUPI AZZAHRA; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR


Lintang Palupi Azzahra 2023, Penerapan Model POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar, Euis Eka Pramiarsih, Ike Anita.Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam mata pelajaran IPA yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep materi IPA peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA pada kelas eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran POE di SDN 163 Buahbatu Baru. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperiment. Pada penelitian ini menggunakan dua sampel kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdapat 30 peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test pretest dan posttest, teknik analisis data dengan statistik non parametrik menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 26. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan kemampuan pemahaman pada kelas eksperimen dengan menggukan model pembelajaran Predict Observe Explain
(POE) serta kemampuan pemahaman konsep IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan pemahaman kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.

LINTANG PALUPI AZZAHRA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
LINTANG PALUPI AZZAHRA. (2023).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd