AYU KANIA; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kuasi Eksperimen Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SDN Cijati 01 TA 2022-2023)


Ayu Kania 2023, Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SDN Cijati 01) Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam mata pelajaran IPA yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis pada materi IPA peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA pada kelas eksperimen setelah dilakukannya metode pembelajaran Jigsaw di SDN Cijati 01. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperiment. Pada penelitian ini menggunakan dua sampel kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdapat 30 peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test pretest dan posttest, teknik analisis data dengan statistik non parametrik menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 26. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan menggukan metode pembelajaran Jigsaw serta kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan pemahaman kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.

AYU KANIA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
AYU KANIA. (2023).PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kuasi Eksperimen Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SDN Cijati 01 TA 2022-2023).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd