FEBBY WULAN NINGSIH; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE-CRITICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMA


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam diri siswa yang dapat terbentuk apabila diterapkan melalui kebiasaan-kebiasaan berpikir secara konsisten dan berkelanjutan. Berdasarkan observasi dan wawancara menunjukkan bahwa kemampuan
berpikir kritis matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, penulis melakukan
penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking
pada pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui apakah penerapan
model Deep Dialogue-Critical Thinking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa SMA, (2) Mendeskripsikan bahwa peningkatan kemampuan berpikir
kritis matematis siswa SMA menggunakan penerapan model Deep Dialogue-Critical
Thinking lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penentuan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling, didapat kelas XI MIPA 8 sebagai kelas ekperimen dan XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah tes uraian dengan instrumen penunjangnya adalah RPP, LKPD dan lembar observasi sebanyak tiga kali pertemuan untuk masing-masing kelas. Data yang dikumpulkan berupa pretest diberikan sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest diberikan setelah tiga pertemuan dilaksanakan. Data hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan software SPSS untuk melihat efektivitas pembelajaran menggunakan model Deep Dialogue-Critical Thinking. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran Deep Dialogue-Critical Thinking lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.


FEBBY WULAN NINGSIH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PMAT FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FEBBY WULAN NINGSIH. (2023).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE-CRITICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd