Record Detail Back
PENGARUH PENGENDALIAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AIR BERSIH DI WILAYAH KERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA CILEGON
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kualitas pelayanan air bersih bagi
Masyarakat Kota Cilegon. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti
merumuskannya sebagai berikut :”Seberapa besar pengaruh pengendalian
terhadap kualitas pelayanan air bersih di Kota Cilegon).
Untuk menganalisis masalah yang diteliti, penulis mengajukan teori
pengendalian dari Hasibuan berdasarkan langkah-langkah pengendalian.
Sedangkan teori kualitas pelayanan digunakan dari Parasurahman berdasarkan
lima dimensi, yaitu tangibles (berwujud), rehability (keandalan), responsivenes
(tanggungjawab), asurance (jaminan), dan empathy (perhatian). Adapun hipotesis
yang diajukan : “Besarnya pengaruh pengendalian terhadap kualitas pelayanan air
bersih, ditentukan oleh dimensi menentukan standar-standar yang akan digunakan
dalam pengendalian, mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai,
membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar Pengendalian dan
melakukan tindakan perbaikan”.
Metode penelitian yang digunakan metode eksplanatori. Adapun teknik
pengumpulan data : studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi angket,
wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan “Simple
Random Sampling” (Sampel Secara Acak) dengan sasarannya aparat dan
masyarakat pengguna air bersih. Teknik analisa data dan pengujian hipotesis
menggunakan Koefisien Rank Spearman, Uji signifikan dan Koefisien
Determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengendalian berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan air bersih (Studi Di Wilayah
PDAM Kota Cilegon). Pengaruh Pengendalian berdasarkan langkah-langkah
pengendalian secara keseluruhan berada pada kondisi “cukup”. Demikian juga
kualitas pelayanan air bersih bagi masyarakat secara keseluruhan berada pada
kondisi “kurang baik”. Dengan demikian hasil uji statistik memperlihatkan
korelasi (pengaruh) kedua variabel X dan Y adalah “kuat ”. Artinya Ho ditolak
dan Hi diterima yang berarti bahwa hipotesis teruji secara empirik
ZUHAIR ATTAMIMI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
ILMU PEMERINTAHAN FISIP UNLA
2018
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ZUHAIR ATTAMIMI. (2018).PENGARUH PENGENDALIAN TERHADAP KUALITAS
PELAYANAN AIR BERSIH DI WILAYAH KERJA
PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA CILEGON.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd