Firman Hardiansah Sahputra; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAMRI (Studi kasus saat pandemic COVID-19 pada pelanggan transportasi Damri trayek Elang-Jatinangor Cabang Bandung)


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena pandemic COVID19
yang
menyebapkan
mobilitas
masyarakat
berkurang,
yang
berdampak
terhadap

jasa
transportasi
umum
khususnya
pada
perum
Damri
yang
mengalami
penurunan

finansial
dan

untuk mengetahui bagaimana pengelolaan serta minjau berdasarkan
lingkup pemasaran, akhirnya peniliti mendapatkan objek penelitian dan
mendapatkan beberapa permasalahan yang ada. Maka dari hal tersebut peneliti
bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga
terhadap kepuasan pelanggan Damri. Landasan teori yang dipilih memuat variable
yang dijadikan judul dalam penelitian dengan memuat dimensi dan juga indikator
pada setiap variabel yang dipilih berdasarkan menurut para ahli. Kemudian,
dirumuskan menjadi suatu kerangka pemikiran hingga akhirnya dibuat sebuah
paradigma penelitian sehingga memunculkan suatu hipotesis ataupun jawaban
sementara yang akan diteliti.
Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikativ dengan
pendakatan kuantitatif. Untuk pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
menyebarkan kuesioner berbasis google from atau menyebarkan selembaran
pernyataan kepada pelanggan yang pernah menggunakan jasa transportasi Damri.
Penggunaan sampel penelitian berdasarkan non probability sampling, dan untuk
mengetahui sampel yang diteliti, peneliti menggunakan rumus iterasi. Teknik
analisis data yang dilakukan analisis jalur (Path Analysis) serta pengujian hipotesis
uji parsial (Ujit T) dan uji simultan (Uji F) dan untuk mengelola data, peneliti
sebagai penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS versi
26.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berada dalam
kategori cukup baik, diikuti harga berada pada kategori cukup terjangkau dan
kepuasan pelanggan dapat dikategorikan cukup baik. Maka dapat diambil
kesimpulan bahwa secara parsial untuk variabel kualitas pelayanan dan harga
berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Serta berpengaruh simultan antara kualitas pelayanan dan harga dengan hasil positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan.


NONE
Text
INDONESIA
EKONOMI BM UNLA
2022
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Firman Hardiansah Sahputra. (2022).PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAMRI (Studi kasus saat pandemic COVID-19 pada pelanggan transportasi Damri trayek Elang-Jatinangor Cabang Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd