DHITA MARDHIYAH SEPTIANI; " />
Record Detail Back

XML

MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN PADA PELAJARAN MELUKIS ALAM SEKITAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model
pembelajaran meaningful instructional design dan mengetahui kemampuan
melukis peserta didik di kelas III B SDN 163 Buahbatu Baru. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deksriptif untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran
meaningful instructional design, dan hasil kemampuan melukis peserta didik di
kelas V SDN 163 Buahbatu Baru. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas III B SDN 163 Buahbatu Baru sebanyak 15 orang yang dipilih secara
purposive. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument atau
peneliti sebagai instrumennya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
triangulasi (gabungan) yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan menggunakam model Miles & Huberman melalui
tiga tahapan yaitu reduksi data, displai data dan verivikasi data, serta teknik yang
digunakan untuk menguji kredibilitas data dengan menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran
meaningful instructional design berjalan lancar dalam 3 kali pertemuan dengan
persentase aktivitas pendidik 55%, 85%, hingga 100% dan persentase aktivitas
peserta didik 52,08%, 68,75%, hingga81,25 serta kemampuan melukis peserta didik
kelas III B SDN 163 Buahbatu Baru menunjukkan hasil cukup baik kriterianya
dengan skor 71,42

DHITA MARDHIYAH SEPTIANI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DHITA MARDHIYAH SEPTIANI. (2021).MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN PADA PELAJARAN MELUKIS ALAM SEKITAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd