RIARDI ZEIN; " />
Record Detail Back

XML

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA SEKOLAH DASAR


ABSTRAK
Penelitian ini adalah tentang “Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Musik melalui
Penerapan Model Pembelajaran talking stick pada Siswa Sekolah Dasar” (Studi Kasus di
Kelas V SDN Rancamanyar 3, Bandung). Penelitian ini dilakukan untuk membantu
kemampuan siswa dalam membaca notasi angka dengan menggunakan talking stick
sebagai model pembelajaran. Penelitian ini menerapkan studi kasus dalam mengolah data.
Partisipan dalam penelitian ini adalah peneliti, pengamat dan 12 siswa kelas V SDN
Rancamanyar 3, Bandung. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan lembar
observasi, dokumen analisis siswa, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil
penelitian ini adalah: Penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam membaca notasi angka. Dalam proses belajar mengajar, siswa
mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca notasi angka. Selain itu, kegiatan
belajar mengajar dengan menggunakan talking stick lebih efektif. Respon siswa dalam
pembelajaran membaca notasi angka dengan menggunakan model pembelajaran talking
stick baik. Kemudian, siswa mengalami kemajuan yang baik selama pembelajaran
membaca notasi angka dengan menggunakan model pembelajaran talking stick.
Berdasarkan penjelasan di atas, dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa talking
stick dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca notasi angka, respon siswa dalam
pembelajan talking stick membuat mereka semangat, antusias, tertarik, menyenangkan dan
menikmati, dan pengajaran. Kemudian peneliti menyarankan agar talking stick dapat
diterapkan sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca
notasi angka dan guru harus dapat memilih model yang sesuai dengan tujuan pengajaran
dan kebutuhan siswa
RIARDI ZEIN - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RIARDI ZEIN. (2021).MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd