FITHRIANTI FAUZIYYAH; " />
Record Detail Back

XML

MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN IPS


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif
peserta didik sekolah dasar dalam pelaksanaan model pembelajaran Problem Based
Learning. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelasV SDN
Kamasan 01. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh yang diperoleh dari
kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes berpikir kreatif (soal pretes dan postes).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain
nonequivalen pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir
kreatif dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based
learning (PBL). Kriteria penilaian masing-masing indikator dalam berpikir kreatif
semuanya meningkat. Dapat diketahui rata-rata indeks gain kelas eksperimen 0,2783
sedangkan kelas kontrol 0,1180. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem
Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta
didik khususnya pada mata pelajaran IPS
FITHRIANTI FAUZIYYAH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FITHRIANTI FAUZIYYAH. (2021).MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN IPS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd