Reissa Rahmatika Putri; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang dialami oleh peserta
didik sekolah dasar dalam menulis pantun, yakni kurangnya kemampuan peserta didik
dalam menuangkan ide-ide yang ada di dalam pikirannya dan kemudian disusun menjadi
sebuah bait pantun. Selain itu, peserta didik masih kesulitan untuk memilih kata yang
tepat dan sesuai dengan pola akhir pantun, serta yang sesuai dengan ciri-ciri pantun.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis pantun pada peserta
didik sekolah dasar, serta untuk mengidentifikasi kesesuaian pantun yang ditulis peserta
didik sekolah dasar dengan ciri-ciri pantun yang telah ditentukan. Penelitian ini bersifat
kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah studi dokumentasi, yang terdiri atas tiga artikel dan lima naskah skripsi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa, keterampilan peserta didik dalam menulis pantun
termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut membuktikan bahwa peserta didik sekolah
dasar terampil dalam menulis pantun. Oleh karena itu, hasil karya pantun peserta didik,
sesuai dengan ciri-ciri yang terdapat dalam pantun. Hal ini dikarenakan, penilaian
keterampilan menulis pantun, disesuaikan dengan ciri-ciri yang terdapat dalam pantun
Reissa Rahmatika Putri - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Reissa Rahmatika Putri. (2021).ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd