Meriana Pati; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR


Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya konsentrasi dan rendahnya hasil belajar
peserta didik di kelas III SDN Panyandaan 02. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan metode jarimatika yang dapat meningkatkan konsentrasi
dan hasil belajar peserta didik kelas III di SDN Panyandaan 02. Metode pada
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain One-Shot Case Study.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Panyandaan 02. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas III/A yang berjumlah 20 peserta didik dan
sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan satu kelas yaitu peserta didik
kelas III/A SDN Panyandaan 02. Instrumen yang digunakan yaitu penilaian tes,
lembar observasi, dan dokumentasi dan data dianalisis menggunakan teknik
analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
pretest yang memenuhi KKM adalah 11 peserta didik dan pada posttest yang
memenuhi KKM adalah 20 peserta didik. Hal ini menunjukkan dari pretest dan
posttest nilai ketuntasan klasikal peserta didik mengalami peningkatan dan dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan konsentasi
dan hasil belajar peserta didik
Meriana Pati - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2021
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Meriana Pati. (2021).PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd