RD. ARASHEILA RAMANYA; " />
Record Detail Back

XML

KAJIAN PEMINDAHAN RUTE PENERBANGAN BANDAR UDARA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN PENINGKATAN NILAI PELANGGAN (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Jawa Barat)


Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana.
Sepinya Bandara Internasional Jawa Barat setelah pemindahan rute
penerbangan di Bulan Juli 2019 dari Bandara Husein Sastranegara di
Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka penerbangan
domestic dan internasional. Beberapa maskapai yang beroprasi di Bandara
Kertajati mengalami penurunan jumlah penumpang dibandingkan dengan
beroprasi di Bandara Husein. Dalam Penelitian ini dilatar belakangi oleh
penurunan jumlah penumpang di Badara Internasional Jawa Barat. Survei
berupa kuesioner yang disebar kepada pengguna jasa angkutan udara
sebanyak 113 responden. Sepinya penerbangan di Bandara Internasional
Jawa Barat akibat kurangnya daya tarik masyarakat melakukan perjalanan
penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat. Hasil Survei kemudian
akan dilanjutkan, diolah, dan di analisis menggunakan aplikasi SPSS (
Statical Package for the Social Science) dan SEM ( Structural equation
modeling) menggunakan SmartPLS. Hasil Analisa data diperoleh bahwa
factor yang bepengaruh peningkatan Customer Satisfaction adalah Airport
Accesibility (AA) terbukti berpengaruh positif terhadap Customer
Satisfaction (CS), Terminal Facilities (TF) terbukti berpengaruh positif
terhadap Customer Satisfaction (CS), Customer Satisfaction (CS) terbukti
berpengaruh positif terhadap Customer Value (CV). Pada Kriteria tersebut
yang menjadi tolak ukur penumpang dalam memilih penerbangan, kriteria
yang paling dominan berdasarkan survei adalah Airport Accesibility. Hasil
hitung menunjukan bahwa rhitung >rtabel. Hasil menggunakan SPSS pada
variable Airport Accesibility (AA) R-Hitung 0.889 dan R-Tabel 0.183,
Terminal Facilities (TF) R-Hitung 0.885 dan R-Tabel 0.183, Customer
Satisfaction (CS) R-Hitung 0.889 dan R-Tabel 0.183, Service Innovation
(SI) 0.856 dan R-Tabel 0.183, Costumer Value R-Hitung 0.926 dan R-Tabel
0.183.
RD. ARASHEILA RAMANYA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
TEKNIK SIPIL UNLA
2022
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RD. ARASHEILA RAMANYA. (2022).KAJIAN PEMINDAHAN RUTE PENERBANGAN BANDAR UDARA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN PENINGKATAN NILAI PELANGGAN (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Jawa Barat).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd