Record Detail Back
KUALITAS PELAYANAN KEIMIGRASIAN (Studi Tentang Optimalisasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelayanan paspor di
Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung. Berdasarkan latar belakang penelitian, peneliti
mengidentifikasi masalah sebagai berikut: Bagaimana kualitas pelayanan paspor
di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung; Faktor-faktor pendukung dan penghambat
pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung; dan Upaya yang dilakukan Kantor
Imigrasi Kelas 1 Bandung.
Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
pelayanan dari Parasuraman, Zeithaml dan Berry (2001:148) yang meliputi dimensi
bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan/kepastian dan empati.
Berlandaskan pada pendekatan teori tersebut, peneliti merumuskan
proposisi kualitas pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung akan
optimal apabila kualitas pelayanan didasarkan kepada bukti fisik, keandalan,
ketanggapan, jaminan/kepastian dan empati.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif,
dengan pendekatan kualitatif, sedangkan data diperoleh melalui studi pustaka,
observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan
Keimigrasian mengenai Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung
belum optimal, dikarenakan belum secara maksimal melaksanakan dimensi bukti
fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan/kepastian dan empati. Sehingga
menghambat proses pelayanan paspor.
KUSUMAWATI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
ILMU PEMERINTAHAN FISIP UNLA
2018
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
KUSUMAWATI. (2018).KUALITAS PELAYANAN KEIMIGRASIAN
(Studi Tentang Optimalisasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd