AHMAD FAUZI HAMDANNY; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN BELA NEGARA BAGI SISWA SMA DAN SMK (STUDI PADA BADAN KESATUAN BANGSA, POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT KABUPATEN BANDUNG


Masalah dalam penelitian ini adalah belum efektifnya Program Pendidikan Bela
Negara Bagi Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Bandung. Berdasarkan fenomena tersebut,
peneliti menduga bahwa masalah tersebut dipengaruhi oleh variabel koordinasi. Berdasarkan
pada permasalahan tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah: “Seberapa besar
Pengaruh Koordinasi Terhadap Efektivitas Program Pendidikan Bela Negara Bagi Siswa
SMA dan SMK di Kabupaten Bandung”.
Analisis masalah penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori koordinasi dari
Mc Farland dalam Handayaningrat (1996:124-125), berdasarkan dimensi dimensi koordinasi
melalui kewenangan, koordinasi melalui konsensus, koordinasi melalui pedoman kerja,
koordinasi melalui forum dan koordinasi melalui konferensi. Adapun untuk variabel efektivitas
digunakan pendekatan teori dari Goggin, et.al dalam Soemaryadi (2005: 111-113) yakni dimensi
prosedural, tujuan, monitoring & evaluasi .
Berdasarkan pendekatan teori teori tersebut, hipotesis yang diajukan adalah: Besarnya
pengaruh koordinasi terhadap efektivitas Pendidikan Bela Negara Bagi Siswa SMA dan SMK
di Kabupate Bandung ditentukan oleh dimensi dari teknik-teknik koordinasi yaitu: melalui
kewenangan, melalui konsensus, melalui pedoman kerja, melalui suatu forum, dan melalui
konferensi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatif
(explanatory survai method) sedangkan sumber pengumpulan data dengan menggunakan
studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi : angket, observasi, dan wawancara.
Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampel random sederhana (Simple Random
Sampling). Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yang
menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara koordinasi terhadap
efektivitas Pendidikan Bela Negara Bagi Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Bandung
ditentukan oleh dimensi dari teknik-teknik koordinasi yaitu: melalui kewenangan, melalui
konsensus, melalui pedoman kerja, melalui suatu forum, dan melalui konferensi. Dengan
demikian hipotesis yang diajukan di dalam penelitian ini teruji secara empirik.
AHMAD FAUZI HAMDANNY - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
ILMU PEMERINTAHAN FISIP UNLA
2018
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
AHMAD FAUZI HAMDANNY. (2018).PENGARUH KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN BELA NEGARA BAGI SISWA SMA DAN SMK (STUDI PADA BADAN KESATUAN BANGSA, POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT KABUPATEN BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd